Rabu, 01 September 2021

Filsafat Pendidikan Islam: Daftar Penyajian Makalah

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Program Studi Pendidikan Agama Islam

Daftar Penyajian Makalah  

Semester VII T.A. 2021/2022

 

Pert.

Klp

Judul

Sub pembahasan

 

 

 1

 

---

Ceramah Dosen:

Silabus dan kontrak perkuliahan

a.      Capaian perkuliahan

b.      Materi perkuliahan

c.      Metode dan strategi perkuliahan

d.     Evaluasi/penilaian perkuliahan

e.      Ketentuan lainnya

---

Ceramah Dosen:

Pengantar ke Filsafat Pendidikan Islam

a.     Pengertian

b.    Dasar

c.     Tujuan

d.    Sejarah

e.     Ruang Lingkup

2

---

Ceramah Dosen:

Tauhid dan Pendidikan

a.    Makna Tauhid dan Syahadatain

b.    Pemaknaan Tauhid dalam Konsepsi, Pengembangan dan Praktik Pendidikan

c.    Pemaknaan Asma` al-Husna dalam Konsepsi, Pengembangan dan Praktik Penddidikan

3

I

Hakikat Manusia

a.    Konsep An-Nas, al-Basyr, al-Insan dan Bani Adam.

b.    Dimensi-dimensi Psikis Manusia: Ar-Ruh, al-‘Aql, an-Nafs, Al-Qalb

c.    Tujuan dan Fungsi Penciptaan Manusia

4

II

Hakikat Masyarakat

1.    Makna Masyarakat (Ummah)

2.    Unsur-unsur Pembentuk Masyarakat

3.    Karakteristik Masyarakat Islami

4.    Tanggung Jawab Masyarakat terhadap Pendidikan dan Peradaban

5

III

Hakikat Alam semesta

1.    Hakikat Alam Semesta

2.    Tujuan Penciptaan Alam Semesta

3.    Qur`anic World View tentang Alam Semesta

6

IV

Hakikat ilmu

a.       Sarana Jismiyah dan Psikis Manusia dalam Memperoleh Ilmu

b.      Objek Ilmu: Ayat Qauliyah, Ayat Kauniyah, dan Ayat Nafsiah

c.       Hirarki dan Klasifikasi Ilmu

d.      Tujuan Akhir Pencarian Ilmu

7

V

Makna pendidikan dan Tujuan Pendidikan Islam

a.       Pengertian at-ta’lim, at-ta`dib, dan at-tarbiyah

b.      Al-Qur`an dan Sunnah sebagai sumber utama pendidikan Islam

c.       Tujuan pendidikan Islam

8

VI

Hakikat Pendidik

a.       Pengertian mu’allim, mu`addib, dan murabbi

b.      Makna tugas kenabian bagi pendidik

c.       Karakteristik pendidik Muslim

d.      Sikap pendidik kepada peserta didik

9

VII

Hakikat peserta didik

a.       Fitrah peserta didik

b.      Karakteristik peserta didik

c.       Sikap peserta didik kepada pendidik

10

VIII

Ujian Tengah Semester

11

IX

Makna dan hakikat kurikulum pendidikan Islam

a.       Qur’anic world view tentang kurikulum

b.      Asas dan komponen kurikulum

c.       Karakteristik kurikulum

d.      Isi kurikulum pendidikan Islam: Qur`anic perspective

12

X

Perspektif  Filsafat Pendidikan Islam tentang metode dan strategi pembelajaran

a.       Qur`anic world view tentang metode dan strategi pembelajaran

b.      Metode dan strategi tarbiyatun nabawiyyah

c.       Soft skill dalam pendidikan Islam

13

XI

Perspektif  Filsafat Pendidikan Islam tentang evaluasi dan penilaian

a.       Qur`anic world view tentang evaluasi

b.      Kritik filosofis terhadap terhadap ranah evaluasi

c.       Sistem, hasil dan tindak lanjut evaluasi

14

XII

Perspektif Filsafat Pendidikan Islam tentang institusi pendidikan

a.      Qur`nic world view tentang institusi pendidikan Islam

b.      Hirarki dan profesionalisme dalam pengelolaan institusi pendidikan Islam

c.       Konsep Al-Attas tentang universitas Islam

15

XIII

Perspektif  Filsafat Pendidikan Islam tentang manajemen dan pengembangan pendidikan

a.       Dasar-dasar Qur`ani manajemen dan pengembangan pendidikan Islam

b.      Karakteristik manajemen profetik pendidikan Islam

c.       Pengembangan pendidikan Islam masa depan

16

XIV

Ujian Akhir Semester (UAS)

Syarat Makalah:

1.     1. Makalah menggunakan kertas A-4.

2.      2. Ketebalan makalah minimal 12 halaman dan makasimal 15 halaman dengan jarak baris 1,5 spasi.

3.    3. Pengetikan: Margin kiri 4, atas 3, kanan 3 dan bawah 3 (pola 4-3-3-3).

4.     4. Makalah menggunakan foot note dan Kepustakaan.

5.     5. Sumber tulisan adalah buku dan atau jurnal ilmiah (cetak dan atau online).

6.     6. Petiap makalah diserahkan 1 eksemplar dalam bentuk cetak (hard copy) kepada dosen.

Padangsidimpuan, 19 Agustus 2021

Dosen ybs.,

Dr. Anhar, M.A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar