FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM
Program Studi Pendidikan Agama Islam
Daftar Penyajian Makalah
Semester VII
T.A. 2021/2022
Pert. |
Klp |
Judul |
Sub
pembahasan |
1
|
--- |
Ceramah Dosen: Silabus dan kontrak
perkuliahan |
a.
Capaian
perkuliahan b.
Materi
perkuliahan c.
Metode
dan strategi perkuliahan d.
Evaluasi/penilaian
perkuliahan e.
Ketentuan
lainnya |
--- |
Ceramah Dosen: Pengantar ke Filsafat Pendidikan
Islam |
a.
Pengertian b.
Dasar c.
Tujuan d.
Sejarah e.
Ruang Lingkup |
|
2 |
--- |
Ceramah Dosen: Tauhid
dan Pendidikan |
a.
Makna Tauhid dan Syahadatain b.
Pemaknaan Tauhid dalam Konsepsi, Pengembangan dan Praktik Pendidikan c.
Pemaknaan Asma` al-Husna dalam Konsepsi, Pengembangan dan Praktik
Penddidikan |
3 |
I |
Hakikat
Manusia |
a.
Konsep An-Nas, al-Basyr, al-Insan
dan Bani Adam. b.
Dimensi-dimensi Psikis Manusia: Ar-Ruh, al-‘Aql, an-Nafs, Al-Qalb c.
Tujuan dan Fungsi Penciptaan Manusia |
4 |
II |
Hakikat
Masyarakat |
1.
Makna Masyarakat (Ummah) 2.
Unsur-unsur Pembentuk Masyarakat 3.
Karakteristik Masyarakat Islami 4.
Tanggung Jawab Masyarakat terhadap Pendidikan dan
Peradaban |
5 |
III |
Hakikat Alam semesta |
1.
Hakikat Alam Semesta 2.
Tujuan Penciptaan Alam Semesta 3.
Qur`anic World View tentang Alam Semesta |
6 |
IV |
Hakikat ilmu |
a. Sarana Jismiyah dan Psikis Manusia dalam Memperoleh
Ilmu b. Objek Ilmu: Ayat
Qauliyah, Ayat Kauniyah, dan Ayat
Nafsiah c. Hirarki dan Klasifikasi Ilmu d. Tujuan Akhir Pencarian Ilmu |
7 |
V |
Makna
pendidikan dan Tujuan Pendidikan Islam |
a.
Pengertian at-ta’lim,
at-ta`dib, dan at-tarbiyah b.
Al-Qur`an
dan Sunnah sebagai sumber utama pendidikan Islam c.
Tujuan
pendidikan Islam |
8 |
VI |
Hakikat Pendidik |
a. Pengertian mu’allim, mu`addib, dan
murabbi b. Makna tugas kenabian bagi pendidik c. Karakteristik pendidik Muslim d. Sikap pendidik kepada peserta didik |
9 |
VII |
Hakikat peserta didik |
a. Fitrah peserta didik b. Karakteristik peserta didik c. Sikap peserta didik kepada pendidik |
10 |
VIII |
Ujian Tengah Semester |
|
11 |
IX |
Makna dan hakikat kurikulum pendidikan Islam |
a. Qur’anic world view tentang kurikulum b. Asas dan komponen kurikulum c. Karakteristik kurikulum d. Isi kurikulum pendidikan Islam: Qur`anic
perspective |
12 |
X |
Perspektif Filsafat
Pendidikan Islam tentang metode dan strategi pembelajaran |
a. Qur`anic world view tentang metode dan strategi pembelajaran b. Metode dan strategi tarbiyatun
nabawiyyah c. Soft skill dalam pendidikan Islam |
13 |
XI |
Perspektif Filsafat
Pendidikan Islam tentang evaluasi dan penilaian |
a. Qur`anic world view tentang evaluasi b. Kritik filosofis terhadap terhadap ranah evaluasi c. Sistem, hasil dan tindak lanjut evaluasi |
14 |
XII |
Perspektif Filsafat Pendidikan Islam tentang institusi
pendidikan |
a.
Qur`nic world view tentang institusi pendidikan
Islam b. Hirarki dan profesionalisme dalam pengelolaan institusi pendidikan Islam c. Konsep Al-Attas tentang universitas Islam |
15 |
XIII |
Perspektif Filsafat
Pendidikan Islam tentang manajemen dan pengembangan pendidikan |
a. Dasar-dasar Qur`ani manajemen dan pengembangan pendidikan Islam b. Karakteristik manajemen profetik pendidikan
Islam c. Pengembangan pendidikan Islam masa depan |
16 |
XIV |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
Syarat
Makalah:
1. 1. Makalah menggunakan kertas A-4.
2. 2. Ketebalan makalah minimal 12
halaman dan makasimal 15 halaman dengan jarak baris 1,5 spasi.
3. 3. Pengetikan:
Margin kiri 4, atas 3, kanan 3 dan bawah 3 (pola 4-3-3-3).
4. 4. Makalah menggunakan foot
note dan Kepustakaan.
5. 5. Sumber tulisan adalah buku dan atau jurnal ilmiah (cetak dan
atau online).
6. 6. Petiap
makalah diserahkan 1 eksemplar dalam bentuk cetak (hard copy) kepada dosen.
Padangsidimpuan, 19
Agustus 2021
Dosen ybs.,
Dr. Anhar, M.A.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar