SILABUS MATA KULIAH FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM



A. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep dasar pendidikan dengan pendekatan  filsafat perspektif Islam dengan bahasan mencakup: (a) pengertian, ruang lingkup, dan tujuan filsafat pendidikan Islam, (b) konsep manusia, masyarakat, alam semesta, dan ilmu pengetahuan dalam Islam, (c) unsur-unsur dasar pendidikan Islam dan (c) aspek manajemen dan institusi pendidikan Islam.

B. Tujuan Pembelajaran

Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar tentang filsafat pendidikan Islam sebagai acuan dan landasan pemikiran yang bersifat analitik dan reflektif dalam penyusunan dan pengembangan konsepsi dan praktik pendidikan Islam untuk diaplikasikan dalam rancang bangun dan pengembangan pendidikan untuk mencerdaskan umat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Muslim.

 

C. Materi dan Uraian Materi Pembelajaran

No

Materi

Sub Materi

Sumber

1

Pengantar ke Filsafat Islam dan Filsafat Pendidikan Islam

-Pengertian

-Dasar

-Tujuan

-Ruang lingkup

 

 

2

Tauhid dan Pendidikan

-Makna tauhid 

-Makna pendidikan

-Tauhid sebagai asas dan filosofi pendidikan Islam

 

3

Hakikat Manusia

-Konsep manusia dalam Al-Qur`an: an-nas, al-basyar, al-insan dan bani adam

-Dimensi-dimensi psikis manusia: ar-ruh, al-‘aql, an-nafs, dan al-qalb

-'Abd dan khalifah: Tujuan, fungsi dan tugas pokok penciptaan manusia

-Konsep fitrah dan pengembangan pendidikan

 

4

Hakikat Masyarakat

-Makna ummatan muslimatan, ummatan wasathan, ummatan wahidatan dan khairu ummah 

-Perspektif Al-Qur`an tentang pembentukan masyarakat ideal (utama)

-Tanggung jawab masyarakat khairu ummah: Humanisasi, liberasi dan transendensi

 

5

Hakikat Wujud dan Hakikat Alam Semesta

-Pengertian

-Metafisika penciptaan

-Stratifikasi wujud

-Tujuan penciptaan alam semesta

 

6

Hakikat Ilmu

-Pengertian 'ilm, knowledge dan science

-Sumber ilmu: indra, akal dan hati

-Objek Ilmu: Ayat qauliyah, insaniyah dan kauniyah

-Ma'rifatullah: Tujuan akhir pencarian ilmu

 

7

Makna Pendidikan Islam

-Pengertian at-ta’lim, at-ta`dib, dan at-tarbiyah

-Al-Qur`an dan Sunnah sebagai sumber filosofi, paradigma dan metodologi pendidikan Islam

-Prinsip-prinsip pokok dan distingtif pendidikan Islam

 

8

Ujian Tengah Semester

 

 

9

Hakikat Pendidik

-Pengertian mu’allim, mua`ddib, dan murabbi

-Perspektif Al-Qur`an dan Sunnah tentang mendidik

-Karakteristik pendidik  Muslim

 

10

Hakikat peserta didik

-Pengertian

-Potensi-potensi psikis peserta didik: ruhiyah, fikriyah dan nafsiyah 

-Kompetensi-kompetensi peserta didik

-Insan kamil: Puncak perkembangan peserta didik

 

11

Makna dan Hakikat kurikulum pendidikan Islam

-Pengertian

- Pokok-pokok qur`anic world view tentang kurikulum

-Asas dan komponen kurikulum

-Isi kurikulum pendidikan Islam: 'Ulum ad-Diniyah, 'ulum al-insaniyah dan 'ulum al-kauniyah.

-Integrasi kurikulum perspektif Paradigma Teoantropoekosentris

 

12

Makna metode dan strategi pembelajaran dalam pendidikan Islam

-Pengertian

- Pokok-pokok qur`anic world view tentang metode dan strategi pendidikan

-Karakteristik metode dan strategi pembelajaran dalam pendidikan Islam

-Metode-metode dan strategi pembelajaran modern-kontemporer

 

13

Makna evaluasi dalam pendidikan Islam

-Pengertian

-Pokok-pokok qur`anic world view tentang evaluasi pembelajaran dan pendidikan

-Tujuan, aspek dan sistem evaluasi pembelajaran dalam pendidikan Islam

 

14

Makna institusi pendidikan Islam

-Pengertian

-Filosofi pengembangan institusi pendidikan Islam

-Hirarki institusi pendidikan Islam

-Konsep Al-Attas, Abdullah dan Suprayogo tentang institusi pendidikan Islam

 

15

Makna manajemen dan pengembangan pendidikan Islam

-Pengertian

-Dasar-dasar  qur`ani manajemen dan pengembangan pendidikan Islam

-Pemikiran tentang manajemen pendidikan Islam modern-kontemporer

-Pemikiran tentang pengembangan pendidikan Islam modern-kontemporer

 

16

Ujian Akhir Semester

 

 


D. SYARAT MAKALAH:

  1.       .   Makalah diketik rapi menggunakan huruf Times New Roman font 12 pada kertas A-4.
  2.       .   Ketebalan makalah minimal 15 halaman dan makasimal 20 halaman dengan jarak baris 1,5 spasi.
  3.       .   Pengetikan: Margin kiri 4, atas 3, kanan 3 dan bawah 3 (pola 4-3-3-3).
  4.      .    Makalah menggunakan foot note dan Kepustakaan.
  5.      .    Sumber tulisan adalah buku dan atau jurnal ilmiah (cetak dan atau online).
  6. Makalah memiliki halaman sampul yang tertata rapi dan indah yang berisi logo UIN, judul makalah, namadan NIM penulis, nama dosen pembimbing dan nama program studi, fakultas, universitas, dan tahun akademik.
  7. Makalah diserahkan kepada dosen dalam bentuk hard copy dan soft file, sedangkan kepada mahasiswa dalam bentuk soft file.
  8. Makalah dikirim ke: https://drive.google.com/drive/folders/1ELqvbpVM8Eb0yfaEHtX_jnrhVoOV8Ayv


E. KEPUSTAKAAN

A.  Literatur wajib

Abdullah, Abdul Rahman Salih.  Educational Theory: A Qur’anic Outlook , Makkah: Umm al-Qurra University, 1982.

Abud, Abdul Ghani.  Fi al-Tarbiyah al-Islam,Mesir: Dar al-Fikr, 1977.

al-`Ainani, Ali Khalil Abu. Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an al -Karim,Mesir: Dar al-Fikr al-`Arabi, 1980.

al-Abrasyi, M. Athiyah. al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Mesir: `Isa al-Babi al-Halabi,1969.

al-Attas, S.M. al-Naquib.  Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah: King Abdul Aziz University, 1979.

al-Attas, S.M. al-Naquib. Konsep Pendidikan Dalam Islam,  Terj. Haidar Bagir, Bandung. Mizan,1990.

Al-Faruqi , Isma`il Raji.  Islamisasi Pengetahuan, Bandung: Pustaka, 1984.

Ali Nurdin. Qur’anic Society: Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal dalam al-Qur’an, Jakarta: Erlangga, 2006.

al-Jamaly, Muhammad Fadhil. Filsafat Pendidikan dalam al-Qur’an,Terj. A.S. Zamakhsyari, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1995.

al-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, Bandung: Diponegoro,1992.

Al Rasyidin. Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Praktik Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media, 2008.

al-Syaibany, Omar M. al-Thoumy. Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah, Bairut-Libanon: Dar al-Tarbiyah, 1975.

Amien, Miska Muhammad.  Epistimologi Islam: Pengantar Filsafat Pengetahuan Islam,

Jakarta:UI Perss, 1983.

Bagir, Zainal Abidin et. al.  Integrasi Ilmu dan Agama; Interpretasi dan Aksi, Bandung: Mizan, 2005.

Iqbal, M. Pembangunan Kembali Alam Pikiran Islam. Terj. Osman Raliby. Jakartta. Bulan Bintang, 1987.

Kartanegara, Mulyadhi.  Integrasi Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik, Bandung: Arasy, 2005.

Kuntowijoyo.  Islam Sebagai Ilmu: Epistimologi, Metodologi, dan Etika, Bandung: Mizan, 2004.

Louay, Safi. The Foundation of Knowledge: A Comparative Study in Islamic and Western Methods of Inquiry,  Malaysia: International Islamic University Malaysia and InternationalInstitute of Islamic Thought, 1996.

Maskawaih, Ibn.  Menuju Kesempurnaan Akhlâq,  Bandung: Mizan, 1994.

Muhaimin dan Abd. Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya, 1993.

Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam,  Jakarta: Logos, 1997.

Rahman, Fazlur.  Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition,  Chicago: TheUniversity of Chicago Perss, 1982.

Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Umdirah, Abdurrahman.  Metode Alqur’an dalam Pendidikan, Surabaya: Mutiara Ilmu. t.t.

Wan Daud, Wan Mohd. Nor. Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam. Bandung: Mizan,  2003.

Yaljan, Miqdad. Tarbiyah al-Akhlâq al-Islamiyah, Mesir: Maktabah al-Khanajiy, 1977.

 

B.  Literatur Anjuran

Alatas, Ismail Fajrie. Risalah Konsep Ilmu dalam Islam: Sebuah Tinjauan Ihsani, Jakarta: Diwan, 2006.

Al Rasyidin. Percikan Pemikiran Pendidikan: dari Filsafat sampai Praktik, Bandung: Citapustaka  Media, 2009.

Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam,  Jakarta: Bina Aksara, 1987.

Fahmi, Asma Hasan. Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam,  Terj. Ibrahim Husein, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Jalaluddin dan Usman Said. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan PerkembanganPemikirannya,  Jakarta: Raja Grafindo Perkasa, 1994.

Jalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali, 1996.

Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Quthb, Muhammad.  Manhaj al-Tarbiyah al-Islamiyah, Bairut: Dar al-Syuruq, 1983.

Titus, Harold  H. et. al. Persoalan-Persoalan Filsafat,  Alih bahasa H.M. Rasjidi, Jakarta: Bulan Bintang, 1984.

 

Kampus IAIN P. Sidimpuan, 19 Agustus 2021

Dosen ybs.,

          Dr. Anhar, M.A.

CATATAN:
Silabus ini mulanya berasal dari silabus Perkuliahan Filsafat Pendidikan Islam yang ditulis oleh Dr. Ja'far, M.A., saat beliau menjadi dosen UIN Sumatera Utara pada 2015. Penulisannya menurut beliau merujuk kepada silabus yang dirancang oleh Prof. Dr. Alrasyidin, M.Ag. Selanjutnya atas izin Dr. Ja'far, M.A., saya melakukan beberapa perubahan untuk menyahuti kebutuhan mahasiswa di IAIN Padangsidimpuan. 

(Revisi terakhir 09 September 2022)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAKWAH KEMANUSIAAN SEMESTA: PESAN MILAD AISYIYAH 107 TAHUN

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته   الحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى اله واصحابه ومن ولهه  Yth., Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah S...