A. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini mengkaji konsep-konsep
dasar pendidikan dengan pendekatan filsafat perspektif Islam dengan bahasan
mencakup: (a) pengertian, ruang lingkup, dan tujuan filsafat pendidikan Islam,
(b) konsep manusia, masyarakat, alam semesta, dan ilmu pengetahuan dalam Islam,
(c) unsur-unsur dasar pendidikan Islam dan (c) aspek manajemen dan
institusi pendidikan Islam.
B. Tujuan Pembelajaran
Mahasiswa memahami konsep-konsep dasar tentang
filsafat pendidikan Islam sebagai acuan dan landasan pemikiran yang bersifat
analitik dan reflektif dalam penyusunan dan pengembangan konsepsi dan
praktik pendidikan Islam untuk diaplikasikan dalam rancang bangun dan
pengembangan pendidikan untuk mencerdaskan umat dan meningkatkan kualitas
sumber daya manusia Muslim.
C. Materi dan Uraian Materi Pembelajaran
No |
Materi |
Sub Materi |
Sumber |
1 |
Pengantar ke Filsafat Islam dan Filsafat Pendidikan Islam |
-Pengertian -Dasar -Tujuan -Ruang lingkup
|
|
2 |
Tauhid dan Pendidikan |
-Makna tauhid -Makna pendidikan -Tauhid sebagai asas dan filosofi pendidikan Islam |
|
3 |
Hakikat Manusia |
-Konsep manusia dalam Al-Qur`an: an-nas, al-basyar, al-insan dan bani adam -Dimensi-dimensi psikis manusia: ar-ruh,
al-‘aql, an-nafs, dan al-qalb -'Abd dan khalifah: Tujuan, fungsi dan tugas pokok penciptaan manusia -Konsep fitrah dan pengembangan pendidikan |
|
4 |
Hakikat Masyarakat |
-Makna ummatan muslimatan, ummatan wasathan, ummatan wahidatan dan khairu ummah -Perspektif Al-Qur`an tentang pembentukan masyarakat ideal (utama) -Tanggung jawab masyarakat khairu ummah: Humanisasi, liberasi dan transendensi |
|
5 |
Hakikat Wujud dan Hakikat Alam Semesta |
-Pengertian -Metafisika penciptaan -Stratifikasi wujud -Tujuan penciptaan alam semesta |
|
6 |
Hakikat Ilmu |
-Pengertian 'ilm, knowledge dan science -Sumber ilmu: indra, akal dan hati -Objek Ilmu: Ayat qauliyah, insaniyah dan kauniyah -Ma'rifatullah: Tujuan akhir pencarian ilmu |
|
7 |
Makna Pendidikan Islam |
-Pengertian at-ta’lim, at-ta`dib, dan
at-tarbiyah -Al-Qur`an dan Sunnah sebagai sumber filosofi, paradigma dan metodologi pendidikan Islam -Prinsip-prinsip pokok dan distingtif pendidikan Islam |
|
8 |
Ujian Tengah Semester |
|
|
9 |
Hakikat Pendidik |
-Pengertian mu’allim, mua`ddib, dan murabbi -Perspektif Al-Qur`an dan Sunnah tentang mendidik -Karakteristik pendidik Muslim |
|
10 |
Hakikat peserta didik |
-Pengertian -Potensi-potensi psikis peserta didik: ruhiyah, fikriyah dan nafsiyah -Kompetensi-kompetensi peserta didik -Insan kamil: Puncak perkembangan peserta didik |
|
11 |
Makna dan Hakikat kurikulum pendidikan Islam |
-Pengertian - Pokok-pokok qur`anic world view tentang kurikulum -Asas dan komponen kurikulum -Isi kurikulum pendidikan Islam: 'Ulum ad-Diniyah, 'ulum al-insaniyah dan 'ulum al-kauniyah. -Integrasi kurikulum perspektif Paradigma Teoantropoekosentris |
|
12 |
Makna metode dan strategi pembelajaran dalam pendidikan Islam |
-Pengertian - Pokok-pokok qur`anic world view tentang metode dan strategi pendidikan -Karakteristik metode dan strategi pembelajaran dalam pendidikan Islam -Metode-metode dan strategi pembelajaran modern-kontemporer |
|
13 |
Makna evaluasi dalam pendidikan Islam |
-Pengertian -Pokok-pokok qur`anic world view tentang evaluasi pembelajaran dan pendidikan -Tujuan, aspek dan sistem evaluasi pembelajaran dalam pendidikan Islam |
|
14 |
Makna institusi pendidikan Islam |
-Pengertian -Filosofi pengembangan institusi pendidikan Islam -Hirarki institusi pendidikan Islam -Konsep Al-Attas, Abdullah dan Suprayogo tentang institusi pendidikan Islam |
|
15 |
Makna manajemen dan pengembangan pendidikan Islam |
-Pengertian -Dasar-dasar qur`ani manajemen dan
pengembangan pendidikan Islam -Pemikiran tentang manajemen pendidikan Islam modern-kontemporer -Pemikiran tentang pengembangan pendidikan Islam modern-kontemporer |
|
16 |
Ujian Akhir Semester |
|
|
D. SYARAT MAKALAH:
- . Makalah diketik rapi menggunakan huruf Times New Roman font 12 pada kertas A-4.
- . Ketebalan makalah minimal 15 halaman dan makasimal 20 halaman dengan jarak baris 1,5 spasi.
- . Pengetikan: Margin kiri 4, atas 3, kanan 3 dan bawah 3 (pola 4-3-3-3).
- . Makalah menggunakan foot note dan Kepustakaan.
- . Sumber tulisan adalah buku dan atau jurnal ilmiah (cetak dan atau online).
- Makalah memiliki halaman sampul yang tertata rapi dan indah yang berisi logo UIN, judul makalah, namadan NIM penulis, nama dosen pembimbing dan nama program studi, fakultas, universitas, dan tahun akademik.
- Makalah diserahkan kepada dosen dalam bentuk hard copy dan soft file, sedangkan kepada mahasiswa dalam bentuk soft file.
- Makalah dikirim ke: https://drive.google.com/drive/folders/1ELqvbpVM8Eb0yfaEHtX_jnrhVoOV8Ayv
E. KEPUSTAKAAN
A. Literatur wajib
Abdullah, Abdul
Rahman Salih. Educational Theory: A Qur’anic Outlook , Makkah: Umm al-Qurra
University, 1982.
Abud, Abdul Ghani. Fi al-Tarbiyah al-Islam,Mesir: Dar al-Fikr,
1977.
al-`Ainani, Ali
Khalil Abu. Falsafah al-Tarbiyah al-Islamiyah fi al-Qur’an
al -Karim,Mesir: Dar al-Fikr al-`Arabi, 1980.
al-Abrasyi, M. Athiyah. al-Tarbiyah
al-Islamiyah wa Falasifatuha, Mesir: `Isa al-Babi al-Halabi,1969.
al-Attas, S.M.
al-Naquib. Aims and Objectives of Islamic Education, Jeddah:
King Abdul Aziz University, 1979.
al-Attas, S.M. al-Naquib. Konsep
Pendidikan Dalam Islam, Terj. Haidar Bagir, Bandung. Mizan,1990.
Al-Faruqi , Isma`il Raji. Islamisasi
Pengetahuan, Bandung: Pustaka, 1984.
Ali Nurdin. Qur’anic Society:
Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal dalam al-Qur’an, Jakarta: Erlangga,
2006.
al-Jamaly, Muhammad Fadhil. Filsafat
Pendidikan dalam al-Qur’an,Terj. A.S. Zamakhsyari, Jakarta: Pustaka
al-Kautsar, 1995.
al-Nahlawi, Abdurrahman. Prinsip-Prinsip
dan Metode Pendidikan Islam, Bandung: Diponegoro,1992.
Al Rasyidin. Falsafah Pendidikan
Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Praktik
Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media, 2008.
al-Syaibany, Omar M. al-Thoumy. Falsafah
al-Tarbiyah al-Islamiyah, Bairut-Libanon: Dar al-Tarbiyah, 1975.
Amien, Miska
Muhammad. Epistimologi Islam: Pengantar Filsafat Pengetahuan
Islam,
Jakarta:UI Perss, 1983.
Bagir, Zainal Abidin
et. al. Integrasi Ilmu dan Agama; Interpretasi dan Aksi,
Bandung: Mizan, 2005.
Iqbal, M. Pembangunan Kembali Alam
Pikiran Islam. Terj. Osman Raliby.
Jakartta. Bulan Bintang, 1987.
Kartanegara, Mulyadhi. Integrasi
Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik, Bandung: Arasy, 2005.
Kuntowijoyo. Islam Sebagai
Ilmu: Epistimologi, Metodologi, dan Etika, Bandung:
Mizan, 2004.
Louay, Safi. The Foundation of
Knowledge: A Comparative Study in Islamic and
Western Methods of Inquiry, Malaysia:
International Islamic University Malaysia and InternationalInstitute of Islamic
Thought, 1996.
Maskawaih, Ibn. Menuju
Kesempurnaan Akhlâq, Bandung:
Mizan, 1994.
Muhaimin dan Abd.
Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Trigenda Karya, 1993.
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan
Islam, Jakarta: Logos, 1997.
Rahman, Fazlur. Islam and
Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition, Chicago: TheUniversity of Chicago
Perss, 1982.
Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan
Islami: Integrasi Jasmani, Rohani, dan Kalbu Memanusiakan Manusia, Bandung:
PT Remaja Rosdakarya, 2006.
Umdirah, Abdurrahman. Metode
Alqur’an dalam Pendidikan, Surabaya: Mutiara Ilmu. t.t.
Wan Daud, Wan Mohd. Nor. Filsafat dan
Praktik Pendidikan Islam. Bandung:
Mizan, 2003.
Yaljan, Miqdad. Tarbiyah al-Akhlâq
al-Islamiyah, Mesir: Maktabah al-Khanajiy, 1977.
B. Literatur Anjuran
Alatas, Ismail Fajrie. Risalah Konsep
Ilmu dalam Islam: Sebuah Tinjauan Ihsani, Jakarta: Diwan, 2006.
Al Rasyidin. Percikan Pemikiran
Pendidikan: dari Filsafat sampai Praktik, Bandung: Citapustaka Media, 2009.
Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta:
Bina Aksara, 1987.
Fahmi, Asma Hasan. Sejarah dan Filsafat
Pendidikan Islam, Terj. Ibrahim Husein, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
Jalaluddin dan Usman
Said. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan PerkembanganPemikirannya, Jakarta: Raja
Grafindo Perkasa, 1994.
Jalaluddin. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta:
Rajawali, 1996.
Muhaimin. Wacana Pengembangan
Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Quthb, Muhammad. Manhaj al-Tarbiyah
al-Islamiyah, Bairut: Dar al-Syuruq, 1983.
Titus, Harold H. et. al. Persoalan-Persoalan Filsafat, Alih bahasa H.M. Rasjidi, Jakarta: Bulan Bintang, 1984.
Kampus IAIN P.
Sidimpuan, 19 Agustus 2021
Dosen ybs.,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar