Senin, 14 September 2020

FILSAFAT ILMU: SILABUS MATA KULIAH

 


Setiap mahasiswa wajib memiliki kompetensi pengetahuan tentang filsafat ilmu. Secara sederhana filsafat ilmu dapat dipahami sebagai kajian kefilsafatan tentang ilmu. Sebenarnya apa ilmu itu? Bagaimana bentuk dan strukturnya? Bagaimana proses mendapatkannya? Bagaimana ilmu yang benar? Bagaimana hakikat ilmu itu? Apa gunanya bagi manusia dan peradabannya? Inilah beberapa pertanyaan yang muncul terkait kajian kefilsafatan tentang ilmu.

Dengan kompetensi pengetahuan filsafat ilmu ini mahasiswa memiliki pemahaman, sikap dan skill keilmuan yang akan membantunya dalam melihat, membaca dan mengkritisi ilmu pengetahuan dan perkembangannya.

Berikut adalah silabus perkuliahan Filsafat Ilmu pada program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan:


 

RPS

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

PRODI PGMI

IAIN PADANGSIDIMPUAN



Mata Kuliah

:

FILSAFAT ILMU

Kode Mata Kuliah

:

2225304

Semester

:

IV

Bobot SKS

:

2 SKS

Dosen Pengampu

:

Dr. Anhar, M.A.

Capaian Pembelajaran

:

1.   Mahasiswa mengetahui dan memahami secara komprehensif sifat, karakteristik, hakikat dan bangunan ilmu pengetahuan;

2.  Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir ilmiah dan filosofis yang integratif dan interkonektif berparadigma teoantropoekosentis;

3. Mahasiswa memiliki sikap kritis terhadap informasi dan perkembangan ilmu pengetahuan.

 

Bahan Kajian

:

1.      Konsep-konsep dasar filsafat ilmu;

2.      Pengetahuan dan ukuran kebenaran;

3.      Metode dan sarana berpikir ilmiah;

4.  Landasan filosofis pengembangan ilmu (landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis);

5.      Paradigma Ilmiah (Pengembangan Ilmu) Yunani Kuno

6.      Paradigma Ilmiah (Pengembangan Ilmu) Islam Klasik

7.      Paradigma Ilmiah (Pengembangan Ilmu) Barat Modern

8.      Paradigma dan Konsep Integrasi Ilmu

9.      Integrasi Agama dan Sains di PTKIN



PELAKSANAAN PERKULIAHAN


Pert

Kemampuan Akhir yang Diharapkan

Bahan Kajian/ Materi

Bentuk Pembelajaran

Karakteristik dan Indikator Penilaian

Referensi

Waktu

Bobot Nilai

1

Memahami tujuan, materi dan metode perkuliahan

Silabus dan kontrak perkuliahan

Ceramah dan tanya jawab

Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan, materi, metode dan penilaian perkuliahan

 

RPS (Rencana Pembelajaran Semester)

100 menit

Nilai angka dan huruf

2

Memahami konsep-konsep dasar filsafat ilmu

Pengertian filsafat, ilmu dan filsafat ilmu; hubungan agama, filsafat dan ilmu pengetahuan

Ceramah, penugasan dan tanya jawab

Kedalaman pemahaman

Lavine, Dari Socrates ke Sartre

Kattsof, Pengantar Filsafat

Praja, Aliran-aliran Filsafat dan Etika

 

100 menit

Nilai angka dan huruf

3

Memahami definisi, jenis, klasifikasi dan hirarki ilmu pengetahuan

Definisi dan jenis pengetahuan; klasifikasi dan hirarki ilmu

Seminar

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Al-Ghazali, Ihya` ‘Ulumuddin

Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam

The Lian Gie, Filsafat Ilmu

Saefuddin, Desekularisasi Pemikiran

 

100 menit

Nilai angka dan huruf

4

Memahami teori (ukuran) kebenaran

Teori koherensi; korespondensi; pragmatis; paradigmatif

Seminar

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu

Lubis, Filsafat Ilmu

Endraswara, Filsafat Ilmu

 

100 menit

Nilai angka dan huruf

5

Memahami metode dan sarana berpikir ilmiah

Bahasa, matematika, logika dan statistika

Seminar

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu

Ravertz, Filsafat Ilmu

Bakhtiar, Filsafat Ilmu

100 menit

Nilai angka dan huruf

6

Memahami landasan filosofis pengembangan ilmu

Landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis

Diskusi kelompok

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Kattsoff, Pengantar Filsafat

Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu

Rahmat, Islam Alternatif

 

100 menit

Nilai angka dan huruf

7

Memahami peradigma pengembangan ilmu Yunani kuno

Paradigma pengembangan ilmu pra Socrates, idealisme Plato, realisme Aristoteles

Seminar

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Hatta, Alam Pikiran Yunani

Lavine, Dari Socrates ke Sartre

Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat I

 

100 menit

Nilai angka dan huruf

8

Memhami paradigma pengembangan ilmu zaman klasik Islam

Pemikiran dan paradigma pengembangan ilmu Al-Kindi, Al-Farabi, Al-Ghazali dan Ibnu Rusyd

Seminar

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Al-Ghazali, Al-Munqizh min ad-Dhalal

Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam

Madkour, Filsafat Islam

Hasyimsyah Nasution, Filsafat Islam

 

100 menit

Nilai angka dan huruf

9

Ujian tengah semester

 

 

 

100 menit

Nilai angka dan huruf

10

Memahami paradigma pengembangan ilmu Barat era modern (I)

Pemikiran rasionalisme klasik dan modern; empirisme klasik dan modern

Seminar

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Lubis, Filsafat Ilmu

Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat-2

Nasr, Menjelajah Dunia Modern

As-Shadr, Falsafatuna

 

100 menit

Nilai angka dan huruf

11

Memahami paradigma pengembangan ilmu Barat modern (II)

Positivisme, Kuhn dan pluralism paradigma

Diskusi kelompok

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Lubis, Filsafat Ilmu

Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat-2

Lavine, Dari Socrates ke Sartre

100 menit

Nilai angka dan huruf

12

Memahami paradigma pengembangan ilmu Barat modern  (III)

Hermeneutika dan fenomenologi

Seminar

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Lubis, Filsafat Ilmu

Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat-2

Saebani, Filsafat Ilmu

Moleong, Metode Penelitian Kualitatif

 

100 menit

Nilai angka dan huruf

13

Memahami paradigma pengembangan ilmu era kontemporer di dunia Islam

Islamisasi ilmu, ummatic paradigm dan pengilmuan Islam

Seminar

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Al-Faruqi, Islamisasi Ilmu

Langgulung, Research in Psychology: Toward an Ummatic Paradigm

Kuntowijoyo, Pengilmuan Islam

Mulyadi Kartanegara, Integrasi Ilmu

 

100 menit

Nilai angka dan huruf

14

Memahami integrasi agama dan sains di PTKIN: UIN Yogyakarta

Basis teori, metode dan penerapan dalam pembelajaran

Seminar

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Abdullah, Islamic Studies di Perguruan Tinggi

Edy Chandra, Tinjauan Singkat terhadap Pola Integrasi Keilmuan pada beberapa Universitas Islam Negeri

 

100 menit

Nilai angka dan huruf

15

Memahami narasi integrasi agama dan sains di PTKIN: UIN Malang

Basis teori, metode dan penerapan dalam pembelajaran

Seminar

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

UIN Malang, Tarbiyah Ulil Albab: Dzikir, Pikir dan Amal Shaleh

Imam Suprayogo, “Memaknai Akar Pohon Ilmu UIN Maliki Malang” dalam http://www.imamsuprayogo.com/viewd_artikel.php?pg=744

100 menit

Nilai angka dan huruf

16

Memahami paradigma pengembangan ilmu teoantropoekosentris IAIN Padangsidimpuan

Basis teori, metode dan penerapan dalam pembelajaran

Seminar

Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman

Pedoman Integrasi Ilmu IAIN Padangsidimpuan

100 menit

Nilai angka dan huruf


Daftar Penyajian Makalah


No

Klp

Judul

Sub pembahasan

1

I

Pengetahuan

Pendahuluan, Definisi dan Jenis Pengetahuan, Klasifikasi dan Hirarki Ilmu, Penutup

2

II

Pengetahuan dan Teori Kebenaran

Pendahuluan, Teori Koherensi, Teori Korespondensi, Teori Pragmatis, Teori Paradigmatif, Penutup

3

III

Metode dan Sarana Berpikir Ilmiah

Pendahuluan, Berpikir Ilmiah dan Metode Ilmiah, Sarana Berpikir Ilmiah (Bahasa, Matematika, Statistika, Logika), Penutup

4

IV

Landasan Filosofis Pengembangan Ilmu

Pendahuluan, Landasan Ontologi, Landasan Epistemologi, Landasan Aksiologi, Penutup

5

V

Paradigma Pengembangan Ilmu Yunani Kuno

Pendahuluan, Mitologi Yunani, Idealisme Plato, Realisme Aristoteles, Penutup

6

VI

Al-Qur`an dan Ilmu Pengetahuan

Pendahuluan, Petunjuk Al-Quran tentang Ilmu Pengetahuan, ‘Ulum al-Ilahiyahah wa al-Insaniyah wa al-Kauniyah, Tujuan Ilmu Pengetahuan, Penutup

7

VII

Paradigma Pengembangan Ilmu Masa Islam Klasik

Pendahuluan, Al-Kindi dan Al-Farabi tentang Hubungan Agama dan Filsafat, Teori Kenabian (Puncak Pengetahuan) Al-Farabi, Epistemologi Al-Ghazali dan Suhrawardi, Penutup

8

VIII

Paradigma Pengembangan Ilmu Barat Modern (I)

Pendahuluan, Rasionalisme Modern, Empirisme Modern, Penutup

9

IX

Paradigma Pengembangan Ilmu Barat Modern (II)

Pendahuluan, Positivisme, Fenomenologi, Penutup

10

X

Paradigma Pengembangan Ilmu Barat Modern (III)

Pendahuluan, Hermeneutika, Kuhn dan Pluralisme Paradigma, Penutup

11

XI

Paradigma dan Konsep Integrasi Ilmu

Pendahuluan, Islamisasi Ilmu, ummatic paradigm, Pengilmuan Islam, Penutup 

12

XII

Integrasi Agama dan Sains di PTKIN: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Pendahuluan, Basis Teori, Metodologi, Implementasi dalam Pembelajaran, Penutup

13

XIII

Integrasi Agama dan Sains di PTKIN: UIN Maulana Malik Ibrahim

Pendahuluan, Basis Teori, Metodologi, Implementasi dalam Pembelajaran, Penutup

14

XIV

Paradigma Pengembangan Ilmu Teantropoekosentris IAIN Padangsidimpuan

Pendahuluan, Basis Teori, Metodologi, Implementasi dalam Pembelajaran, Penutup

 Syarat Makalah:

1.       Makalah menggunakan kertas A-4.

2.       Ketebalan makalah minimal 12 halaman dan maksimal 15 halaman dengan jarak baris 2 spasi.

3.       Makalah menggunakan foot note.

4.       Sumber makalah adalah jurnal online dan offline dan buku cetak atau google books dan sejenisnya.

__________________________________________ 

Foto: Seminar proposal mahasiswa Tadris Matematika 25/08/2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar