Setiap mahasiswa wajib memiliki kompetensi pengetahuan tentang filsafat ilmu. Secara sederhana filsafat ilmu dapat dipahami sebagai kajian kefilsafatan tentang ilmu. Sebenarnya apa ilmu itu? Bagaimana bentuk dan strukturnya? Bagaimana proses mendapatkannya? Bagaimana ilmu yang benar? Bagaimana hakikat ilmu itu? Apa gunanya bagi manusia dan peradabannya? Inilah beberapa pertanyaan yang muncul terkait kajian kefilsafatan tentang ilmu.
Dengan kompetensi pengetahuan filsafat ilmu ini mahasiswa memiliki pemahaman, sikap dan skill keilmuan yang akan membantunya dalam melihat, membaca dan mengkritisi ilmu pengetahuan dan perkembangannya.
Berikut adalah silabus perkuliahan Filsafat Ilmu pada program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan:
|
|
RPS RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER PRODI PGMI IAIN PADANGSIDIMPUAN |
Mata Kuliah |
: |
FILSAFAT ILMU |
Kode Mata Kuliah |
: |
2225304 |
Semester |
: |
IV |
Bobot SKS |
: |
2 SKS |
Dosen Pengampu |
: |
Dr. Anhar, M.A. |
Capaian Pembelajaran |
: |
1. Mahasiswa mengetahui dan memahami secara komprehensif sifat,
karakteristik, hakikat dan bangunan ilmu pengetahuan; 2. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir ilmiah dan filosofis yang
integratif dan interkonektif berparadigma teoantropoekosentis; 3. Mahasiswa memiliki sikap kritis terhadap informasi dan perkembangan
ilmu pengetahuan.
|
Bahan Kajian |
: |
1.
Konsep-konsep dasar filsafat ilmu; 2.
Pengetahuan dan ukuran kebenaran; 3.
Metode dan sarana berpikir ilmiah; 4. Landasan filosofis pengembangan ilmu (landasan ontologis,
epistemologis dan aksiologis); 5.
Paradigma Ilmiah (Pengembangan Ilmu) Yunani Kuno 6.
Paradigma Ilmiah (Pengembangan Ilmu) Islam Klasik 7.
Paradigma Ilmiah (Pengembangan Ilmu) Barat Modern 8.
Paradigma dan Konsep Integrasi Ilmu 9. Integrasi Agama dan Sains di PTKIN PELAKSANAAN PERKULIAHAN |
Pert |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Bahan Kajian/ Materi |
Bentuk Pembelajaran |
Karakteristik dan Indikator
Penilaian |
Referensi |
Waktu |
Bobot Nilai |
|
1 |
Memahami tujuan, materi dan metode perkuliahan |
Silabus dan kontrak perkuliahan |
Ceramah dan tanya jawab |
Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan, materi, metode dan penilaian
perkuliahan |
RPS (Rencana Pembelajaran Semester) |
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
2 |
Memahami konsep-konsep dasar filsafat ilmu |
Pengertian filsafat, ilmu dan filsafat ilmu; hubungan agama, filsafat
dan ilmu pengetahuan |
Ceramah, penugasan dan tanya jawab |
Kedalaman pemahaman |
Lavine, Dari Socrates ke Sartre Kattsof, Pengantar Filsafat Praja, Aliran-aliran Filsafat dan Etika
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
3 |
Memahami definisi, jenis, klasifikasi dan hirarki ilmu pengetahuan |
Definisi dan jenis pengetahuan; klasifikasi dan hirarki ilmu |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Al-Ghazali, Ihya` ‘Ulumuddin Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam The Lian Gie, Filsafat Ilmu Saefuddin, Desekularisasi Pemikiran
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
4 |
Memahami teori (ukuran) kebenaran |
Teori koherensi; korespondensi; pragmatis; paradigmatif |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Lubis, Filsafat Ilmu Endraswara, Filsafat Ilmu
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
5 |
Memahami metode dan sarana berpikir ilmiah |
Bahasa, matematika, logika dan statistika |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Ravertz, Filsafat Ilmu Bakhtiar, Filsafat Ilmu |
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
6 |
Memahami landasan filosofis pengembangan ilmu |
Landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis |
Diskusi kelompok |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Kattsoff, Pengantar Filsafat Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Rahmat, Islam Alternatif
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
7 |
Memahami peradigma pengembangan ilmu Yunani kuno |
Paradigma pengembangan ilmu pra Socrates, idealisme Plato, realisme
Aristoteles |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Hatta, Alam Pikiran Yunani Lavine, Dari Socrates ke Sartre Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat I
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
8 |
Memhami paradigma pengembangan ilmu zaman klasik Islam |
Pemikiran dan paradigma pengembangan ilmu Al-Kindi, Al-Farabi,
Al-Ghazali dan Ibnu Rusyd |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Al-Ghazali, Al-Munqizh min ad-Dhalal Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam Madkour, Filsafat Islam Hasyimsyah Nasution, Filsafat Islam
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
9 |
Ujian tengah semester |
|
|
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
||
10 |
Memahami paradigma pengembangan ilmu Barat era modern (I) |
Pemikiran rasionalisme klasik dan modern; empirisme klasik dan modern |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Lubis, Filsafat Ilmu Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat-2 Nasr, Menjelajah Dunia Modern As-Shadr, Falsafatuna
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
11 |
Memahami paradigma pengembangan ilmu Barat modern (II) |
Positivisme, Kuhn dan pluralism paradigma |
Diskusi kelompok |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Lubis, Filsafat Ilmu Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat-2 Lavine, Dari Socrates ke Sartre |
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
12 |
Memahami paradigma pengembangan ilmu Barat modern (III) |
Hermeneutika dan fenomenologi |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Lubis, Filsafat Ilmu Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat-2 Saebani, Filsafat Ilmu Moleong, Metode Penelitian Kualitatif
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
13 |
Memahami paradigma pengembangan ilmu era kontemporer di dunia Islam |
Islamisasi ilmu, ummatic paradigm dan pengilmuan Islam |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Al-Faruqi, Islamisasi Ilmu Langgulung, Research in Psychology: Toward an Ummatic Paradigm Kuntowijoyo, Pengilmuan Islam Mulyadi Kartanegara, Integrasi Ilmu
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
14 |
Memahami integrasi agama dan sains di PTKIN: UIN Yogyakarta |
Basis teori, metode dan penerapan dalam pembelajaran |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Abdullah, Islamic Studies di Perguruan Tinggi Edy Chandra, Tinjauan Singkat terhadap Pola Integrasi Keilmuan
pada beberapa Universitas Islam Negeri
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
15 |
Memahami narasi integrasi agama dan sains di PTKIN: UIN Malang |
Basis teori, metode dan penerapan dalam pembelajaran |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
UIN Malang, Tarbiyah Ulil Albab: Dzikir, Pikir dan Amal Shaleh Imam Suprayogo, “Memaknai Akar Pohon Ilmu UIN Maliki Malang” dalam
http://www.imamsuprayogo.com/viewd_artikel.php?pg=744 |
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
16 |
Memahami paradigma pengembangan ilmu teoantropoekosentris IAIN
Padangsidimpuan |
Basis teori, metode dan penerapan dalam pembelajaran |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Pedoman Integrasi Ilmu IAIN Padangsidimpuan |
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
Daftar Penyajian Makalah
No |
Klp |
Judul |
Sub
pembahasan |
1 |
I |
Pengetahuan |
Pendahuluan,
Definisi dan Jenis Pengetahuan, Klasifikasi dan Hirarki Ilmu, Penutup |
2 |
II |
Pengetahuan dan Teori Kebenaran |
Pendahuluan, Teori
Koherensi, Teori Korespondensi, Teori Pragmatis, Teori Paradigmatif, Penutup |
3 |
III |
Metode dan Sarana Berpikir Ilmiah |
Pendahuluan, Berpikir
Ilmiah dan Metode Ilmiah, Sarana Berpikir Ilmiah (Bahasa, Matematika,
Statistika, Logika), Penutup |
4 |
IV |
Landasan Filosofis Pengembangan Ilmu |
Pendahuluan, Landasan
Ontologi, Landasan Epistemologi, Landasan Aksiologi, Penutup |
5 |
V |
Paradigma Pengembangan Ilmu Yunani
Kuno |
Pendahuluan, Mitologi
Yunani, Idealisme Plato, Realisme Aristoteles, Penutup |
6 |
VI |
Al-Qur`an dan Ilmu Pengetahuan |
Pendahuluan, Petunjuk
Al-Quran tentang Ilmu Pengetahuan, ‘Ulum al-Ilahiyahah wa al-Insaniyah wa al-Kauniyah,
Tujuan Ilmu Pengetahuan, Penutup |
7 |
VII |
Paradigma Pengembangan Ilmu Masa Islam
Klasik |
Pendahuluan, Al-Kindi dan Al-Farabi
tentang Hubungan Agama dan Filsafat, Teori Kenabian (Puncak Pengetahuan)
Al-Farabi, Epistemologi Al-Ghazali dan Suhrawardi, Penutup |
8 |
VIII |
Paradigma Pengembangan Ilmu Barat
Modern (I) |
Pendahuluan, Rasionalisme
Modern, Empirisme Modern, Penutup |
9 |
IX |
Paradigma Pengembangan Ilmu Barat
Modern (II) |
Pendahuluan, Positivisme,
Fenomenologi, Penutup |
10 |
X |
Paradigma Pengembangan Ilmu Barat
Modern (III) |
Pendahuluan,
Hermeneutika, Kuhn dan Pluralisme Paradigma, Penutup |
11 |
XI |
Paradigma dan Konsep Integrasi Ilmu |
Pendahuluan, Islamisasi Ilmu, ummatic paradigm, Pengilmuan Islam, Penutup |
12 |
XII |
Integrasi Agama dan Sains di PTKIN:
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
Pendahuluan, Basis
Teori, Metodologi, Implementasi dalam Pembelajaran, Penutup |
13 |
XIII |
Integrasi Agama dan Sains di PTKIN:
UIN Maulana Malik Ibrahim |
Pendahuluan, Basis
Teori, Metodologi, Implementasi dalam Pembelajaran, Penutup |
14 |
XIV |
Paradigma Pengembangan Ilmu
Teantropoekosentris IAIN Padangsidimpuan |
Pendahuluan, Basis
Teori, Metodologi, Implementasi dalam Pembelajaran, Penutup |
Syarat Makalah:
1.
Makalah menggunakan kertas
A-4.
2.
Ketebalan makalah minimal
12 halaman dan maksimal 15 halaman dengan jarak baris 2 spasi.
3.
Makalah menggunakan foot
note.
4.
Sumber makalah adalah jurnal online dan offline dan buku cetak atau google books dan sejenisnya.
__________________________________________
Foto: Seminar proposal mahasiswa Tadris Matematika 25/08/2020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar