Setiap mahasiswa wajib memiliki kompetensi keilmuan tentang filsafat ilmu. Secara sederhana filsafat ilmu dapat dipahami sebagai kajian kefilsafatan tentang ilmu. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan ilmu? Bagaimana bentuk dan strukturnya? Bagaimana proses mendapatkannya? Bagaimana ilmu yang benar? Bagaimana hakikat ilmu itu? Apa gunanya bagi manusia dan peradabannya? Inilah beberapa pertanyaan yang muncul terkait kajian kefilsafatan tentang ilmu.
Dengan kompetensi pengetahuan filsafat ilmu ini mahasiswa memiliki pemahaman, sikap dan skill keilmuan yang akan membantunya dalam melihat, membaca dan mengkritisi ilmu pengetahuan dan perkembangannya.
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di bawah ini semula dirancang pada 14 September 2020 dengan mengacu kepada RPS yang ada pada masa itu. Selanjutnya dilakukan penyempurnaan terus-menerus seiring dengan perkembangan keilmuan dan kelembagaan perguruan tinggi Islam, khususnya UIN Syahada Padangsidimpuan.
Berikut adalah RPS Filsafat Ilmu pada program studi Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Syahada Padangsidimpuan:
|
|
RPS RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER PRODI PAI & PGMI UIN SYAHADA PADANGSIDIMPUAN (Revisi 26/02/2024) |
Mata Kuliah |
: |
FILSAFAT ILMU |
Kode Mata Kuliah |
: |
2225304 |
Semester |
: |
IV |
Bobot SKS |
: |
2 SKS |
Dosen Pengampu |
: |
Dr. Anhar, M.A. |
Capaian Pembelajaran |
: |
1. Mahasiswa mengetahui dan memahami secara komprehensif sifat,
karakteristik, hakikat, dan bangunan ilmu pengetahuan; 2. Mahasiswa memiliki kemampuan berpikir ilmiah dan filosofis yang
integratif dan interkonektif berparadigma teoantropo-ekosentis; 3. Mahasiswa memiliki sikap kritis terhadap informasi dan perkembangan
ilmu pengetahuan.
|
Bahan Kajian |
: |
1.
Konsep-konsep dasar filsafat ilmu; 2. Pengetahuan dan Teori Kebenaran; 3. Sarana Berpikir Ilmiah dan Metode Berpikir Ilmiah; 4. Landasan Filosofis Pengembangan Ilmu (Landasan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis); 5. Filsafat dan Paradigma Pengembangan Ilmu Yunani Kuno 6. Filsafat dan Paradigma Pengembangan Ilmu Islam Klasik dan Modern-Kontemporer 7. Filsafat dan Paradigma Pengembangan Ilmu Barat Modern 8. Filsafat, Paradigma, dan Konsep Integrasi Ilmu 9. Integrasi Agama dan Sains di PTKIN PELAKSANAAN PERKULIAHAN |
Pert |
Kemampuan Akhir yang Diharapkan |
Bahan Kajian/ Materi |
Bentuk Pembelajaran |
Karakteristik dan Indikator
Penilaian |
Referensi |
Waktu |
Bobot Nilai |
|
1 |
Memahami tujuan, materi dan metode perkuliahan |
Silabus dan kontrak perkuliahan |
Ceramah dan tanya jawab |
Mahasiswa dapat mengungkapkan tujuan, materi, metode dan penilaian
perkuliahan |
RPS (Rencana Pembelajaran Semester) |
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
2 |
Memahami konsep-konsep dasar filsafat ilmu |
Pengertian filsafat, ilmu dan filsafat ilmu; Hubungan agama, filsafat
dan ilmu pengetahuan |
Ceramah, penugasan dan tanya jawab |
Kedalaman pemahaman |
Lavine, Dari Socrates ke Sartre Kattsof, Pengantar Filsafat Praja, Aliran-aliran Filsafat dan Etika
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
3 |
Memahami definisi, jenis, klasifikasi dan hirarki ilmu pengetahuan |
Definisi dan jenis pengetahuan; Klasifikasi dan hirarki ilmu perspektif Islam dan Barat |
Seminar dan Diskusi Kelompok |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Al-Ghazali, Ihya` ‘Ulumuddin Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam The Lian Gie, Filsafat Ilmu Saefuddin, Desekularisasi Pemikiran
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
4 |
Memahami teori (ukuran) kebenaran |
Teori koherensi; korespondensi; pragmatis; paradigmatif |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Lubis, Filsafat Ilmu Endraswara, Filsafat Ilmu
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
5 |
Memahami sarana dan metode berpikir ilmiah |
Bahasa, matematika, logika dan statistika; Deduksi, Induksi, dan Abduksi |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Ravertz, Filsafat Ilmu Bakhtiar, Filsafat Ilmu |
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
6 |
Memahami landasan filosofis pengembangan ilmu |
Landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis |
Diskusi kelompok |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Kattsoff, Pengantar Filsafat Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu Rahmat, Islam Alternatif
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
7 |
Memahami filsafat dan peradigma pengembangan ilmu Yunani kuno |
Filsafat dan Paradigma pengembangan ilmu pra Socrates (Heraklitos dan Parmenides), idealisme Plato, realisme
Aristoteles |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Hatta, Alam Pikiran Yunani Lavine, Dari Socrates ke Sartre Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat I
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
8 |
Memahami filsafat dan paradigma pengembangan ilmu zaman klasik Islam dan Modern |
Pemikiran filsafat dan paradigma pengembangan ilmu era Islam Klasik (Al-Kindi, Al-Farabi, Ibnu Sina, Al-Ghazali dan Suhrawardi); |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Al-Ghazali, Al-Munqizh min ad-Dhalal Harun Nasution, Falsafah dan Mistisisme dalam Islam Madkour, Filsafat Islam Hasyimsyah Nasution, Filsafat Islam
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
9 |
Ujian tengah semester |
|
|
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
||
10 |
Memahami filsafat dan paradigma pengembangan ilmu Barat era modern (I) |
Filsafat dan paradigma keilmuan rasionalisme klasik dan modern; empirisme klasik dan modern |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Lubis, Filsafat Ilmu Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat-2 Nasr, Menjelajah Dunia Modern As-Shadr, Falsafatuna
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
11 |
Memahami filsafat dan paradigma pengembangan ilmu Barat modern (II) |
Filsafat dan paradigma keilmuan Positivisme, Thomas S. Kuhn dan pluralisme paradigma |
Diskusi kelompok |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Lubis, Filsafat Ilmu Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat-2 Lavine, Dari Socrates ke Sartre |
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
12 |
Memahami paradigma pengembangan ilmu Barat modern (III) |
Filsafat dan paradigma keilmuan Hermeneutika dan fenomenologi |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Lubis, Filsafat Ilmu Hadiwijono, Pengantar Filsafat Barat-2 Saebani, Filsafat Ilmu Moleong, Metode Penelitian Kualitatif
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
13 |
Memahami paradigma pengembangan ilmu era kontemporer di dunia Islam |
Islamisasi ilmu, dan pengilmuan Islam |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Al-Faruqi, Islamisasi Ilmu Langgulung, Research in Psychology: Toward an Ummatic Paradigm Kuntowijoyo, Pengilmuan Islam Mulyadi Kartanegara, Integrasi Ilmu
|
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
14 |
Memahami integrasi agama dan sains di PTKIN: UIN Yogyakarta, UIN Malang, dan UIN Alauddin |
Basis filosofi/teori, metode dan penerapan |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
Abdullah, Islamic Studies di Perguruan Tinggi Edy Chandra, Tinjauan Singkat terhadap Pola Integrasi Keilmuan
pada beberapa Universitas Islam Negeri Anhar, dkk., Di Bawah Bayang-bayang Paradigma Sekularistik-Positivistik. |
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
15 |
Memahami narasi integrasi agama dan sains di PTKIN: UIN Padangsidimpuan |
Basis filosofi/teori, metode dan penerapan |
Seminar |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman |
UIN Malang, Tarbiyah Ulil Albab: Dzikir, Pikir dan Amal Shaleh |
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
|
16 |
Ujian Akhir Semester |
Essay test berbentuk HOTS |
Ujian Tulis |
Pengetahuan konseptual dan Kedalaman pemahaman terhadap Materi Perkuliahan |
100 menit |
Nilai angka dan huruf |
Daftar Tugas Makalah
No |
Klp |
Judul |
Sub
pembahasan |
1 |
I |
Pengetahuan |
Pendahuluan,
Definisi dan Jenis Pengetahuan, Klasifikasi dan Hirarki Ilmu, Penutup |
2 |
II |
Pengetahuan dan Teori Kebenaran |
Pendahuluan, Teori
Koherensi, Teori Korespondensi, Teori Pragmatis, Teori Paradigmatif, Penutup |
3 |
III |
Sarana dan Metode Berpikir Ilmiah |
Pendahuluan, Berpikir
Ilmiah dan Metode Ilmiah, Sarana Berpikir Ilmiah (Bahasa, Matematika,
Statistika, Logika), Penutup |
4 |
IV |
Landasan Filosofis Pengembangan Ilmu |
Pendahuluan; Landasan
Ontologi; Landasan Epistemologi, Landasan Aksiologi; Penutup |
5 |
V |
Filsafat dan Paradigma Pengembangan Ilmu Yunani
Kuno |
Pendahuluan, Pra Socrates (Filsafat Ontologi Heraclitos dan Parmenides), Idealisme Plato, Realisme Aristoteles, Penutup |
6 |
VI |
Al-Qur`an dan Ilmu Pengetahuan |
Pendahuluan, Paradigma Pengetahuan Arab Pra Islam; Petunjuk
Al-Quran tentang Ilmu, Objek Ilmu (Ayat Qauliyah, Ayat Insaniyah, dan Ayat Kauniyah); Tujuan Ilmu Pengetahuan; Penutup |
7 |
VII |
Filsafat dan Paradigma Pengembangan Ilmu Masa Islam
Klasik dan Modern-Kontemporer |
Pendahuluan; Al-Kindi dan Al-Farabi
tentang Klasifikasi Ilmu, Teori Kenabian (Teori Pengetahuan Puncak)
Al-Farabi, Epistemologi Al-Ghazali dan Suhrawardi; Muhammad Baqir As-Shadr dan Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Ilmu; Penutup |
8 |
VIII |
Filsafat dan Paradigma Pengembangan Ilmu Barat
Modern (I) |
Pendahuluan, Rasionalisme
Modern, Empirisme Modern, Positivisme, Penutup |
9 |
IX |
Filsafat dan Paradigma Pengembangan Ilmu Barat
Modern (II) |
Pendahuluan, Fenomenologi, Penutup |
10 |
X |
Filsafat dan Paradigma Pengembangan Ilmu Barat
Modern (III) |
Pendahuluan,
Hermeneutika, Thomas S. Kuhn tentang Paradigma Ilmu Pengetahuan, Penutup |
11 |
XI |
Filsafat, Paradigma, dan Konsep Integrasi Ilmu |
Pendahuluan, Islamisasi Ilmu, Pengilmuan Islam, Penutup |
12 |
XII |
Integrasi Agama dan Sains di PTKIN:
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
Pendahuluan, Basis Filosofi/Teori, Metodologi, Implementasi, Penutup |
13 |
XIII |
Integrasi Agama dan Sains di PTKIN:
UIN Maulana Malik Ibrahim |
Pendahuluan, Basis Filosofi/Teori, Metodologi, Implementasi, Penutup |
14 |
XIV |
Integrasi Agama dan Sains di PTKIN: UIN Syahada Padangsidimpuan |
Pendahuluan, Basis Filosofi/Teori, Metodologi, Implementasi, Penutup |
Syarat Makalah:
1.
Makalah menggunakan ukuran kertas
A-4.
2. Margin pengetikan: Kiri 4, atas 3 cm, kanan 4 cm, dan bawah 3 cm.
2. Ketebalan makalah minimal 12 halaman dan maksimal 15 halaman dengan jarak baris 1,5 spasi.
3.
Makalah menggunakan foot
note dan memiliki daftar kepustakaan.
4.
Sumber makalah adalah jurnal online dan offline dan buku cetak atau google books dan sejenisnya.
5. Similaritas/kemiripan dengan karya orang lain maksimal 20%.
Catatan:
Silabus/RPS ini dapat juga dilihat pada postingan 19/08/2021
__________________________________________
Foto: Seminar proposal Skripsi mahasiswa Tadris Matematika 25/08/2020
Tidak ada komentar:
Posting Komentar