Senin, 24 Agustus 2020

IAIN Padangsidimpuan sangat Berpeluang Menjadi Universitas

Berkesempatan menghadiri Webinar  bersama unsur pimpinan/pejabat di lingkungan IAIN padangsidimpuan. Tema yang diangkat adalah peningkatan kelembagaan dengan fokus pembahasan yakni transformasi kelembagaan institut menjadi universitas.  Nara sumber Webinar ini adalah Dirjen Pendis Kemenag RI, Ketua Forum Rektor PTKIN, Rektor IAIN Padangsidimpuan dan Kasubdit Kelembagaan Direktorat Diktis.
Bertindak sebagai moderator adalah Wakil Rektor Bidang Kemahasiwaan dan Kerjasama.  

Mengapa harus bertransformasi? 

IAIN P. Sidimpuan berposisi dalam radius 300 km dengan kota-kota besar sekitar (Medan, Padang dan Pekanbaru). Dalam wilayah "Keresidenan Tapanuli", kampus ini satu-satunya PTN yang berstatus institut. 

Dalam radius yang demikian luas dengan potensi alam, lingkungan dan budaya yang besar, kampus ini memiliki posisi yang sangat strategis bagi pembangunan berbagai aspek kebutuhan dan masa depan masyarakat di wilayah eks kresidenan Tapanuli ini. 

Oleg karena itu, kampus ini menjadi tumpuan harapan kl. 2,5 juta jiwa yang bermukim pada wilayah ini. Kemajuan SDM wilayah ini sangat banyak bergantung kepada konstribusi intelektual dan akademik institut milik bangsa ini. 

Dengan paradigma teoantropoekosentris, institut ini berikhtiar melahirkan SDM unggul dan kompetitif yang memiliki ciri khas kesepaduan atau integrasi ilmu ilahiyah, insaniah dan kauniyah. Dengan ikhtiar ini, maka lulusannya diharapkan menjadi intelektual yang religius.

Saat ini tinggal menyiapkan beberapa persyaratan. Insya Allah dengan pertolongan Allah, ikhtiar civitas akademika dan dukungan pemerintah dan masyarakat, kampus ini segera menjadi universitas. Amin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar